jump to navigation

Sadinten di Sukabumi 8 April 2012

Posted by sonirajatega in Event, Report, Seni dan Budaya, Sukabumi.
Tags: , , , , , ,
trackback

Kamis malam, tanggal 22 Maret 2012 berangkat pulang kampung ke Sukabumi dalam rangka libur tanggal merah ditambah ritual ngabisin cuti tahunan yang nyisa 3 hari lagi, yihaaaa. Wah, kebayang bakal jadi hari yg panjang nih di kampung halaman. Beberapa hari sebelumnya mang Mbut salah satu teman di Kaskus Regional Sukabumi nge-chat via Pesbuk nawarin jadi panitia “Sadinten di Sukabumi“, event yang digagas oleh FOKUS (Forum Komunikasi Keluarga Sukabumi) yang merupakan sebuah wadah silaturahmi bagi warga Sukabumi dan telah berdiri sejak akhir tahun 80’an, salah satu komunitas tertua di Sukabumi…wuiiih pasti anggotanya sesepuh Sukabumi nih.

Sadinten di Sukabumi

Singkat cerita, Sabtu tanggal 24 Maret 2012 saya langsung merapat ke TKP yang bertempat di Auditorium BBAT Sukabumi tanpa sebelumnya ikut briefing/gladiresik panitia dulu…hehehe. Datang agak telat sekitar pukul 10 pagi (saya yakin itu masih pagi…) langsung didaulat jadi panitia tanpa tau jobdesnya apaan, yasudah lah nametag dan iket sebagai aksesoris panitia pun disematkan😎.

Seni Tari Jaipong

Sebenarnya apa aja sih isi dari event Sadinten di Sukabumi ini? ekspektasi awal saya, ini event bakal garing secara yang ngumpul sesepuh semuanya, tapi dugaan saya salah…ternyata acaranya cihuy banget bray. Dimulai dari serah terima jabatan kepengurusan anggota FOKUS, sosialisasi bebagai komunitas di Sukabumi, seperti Soekaboemi Heritages, Kaskus Regional Sukabumi, Fotografer Sukabumi (Fotokami), BumiKreatif dan SukabumiToday.Com. Pertunjukan berbagai kesenian dan kebudayaan sunda menjadi suguhan selanjutnya, mulai dari seni tari Jaipong, udah lama juga ni ga liat Jaipong…ada juga seni Dogdog Lojor, juga ada kesenian Debus, untuk yang ini saya ga berani liat lama-lama…Horror. Selanjutnya ada Laes sebuah kesenian akrobatik diatas tali tambang yang diikat pada dua bambu menjulang tinggi ke udara…seumur hidup baru liat pertama kali nih aksi Laes ini.  Untuk menghibur tamu undangan juga dihadirkan sebuah perform dari Captain Band…lagu yang dibawain juga cukup beragam dari lagu Nostalgia, Top40, Latin, sampe lagu Dangdut…Assooyyy.

Laes, foto: dedisuhendra.com

Selain kesenian dan kebudayaan sunda juga ada berbagai stand oleh-oleh khas Sukabumi dan stand kuliner untuk menjamu para tamu undangan (termasuk panitia tentunya…) dengan menu berbagai macam kuliner khas sunda terutama Sukabumi. Ada Gecho, Laksa, Soto Mie, Es Pala, Es Cingcau, Bubur Sumsum, Seupan hui, Seupan Cau, Rujak Petis dan kuliner-kuliner tradisonal lainnya. kalo buat saya ‘membumihanguskan kuliner‘ ini yang jadi puncak acaranya…maklum dah lama juga ga ketemu kuliner-kuliner macam gitu, jadinya ya kaya orang kesetanan ngahajar makanan membabi-buta…gerus terus sampe mampus…Hahahaha.

Stand kuliner Sadinten di Sukabumi, foto: dedisuhendra.com

Sekitar pukul 4 sore acara pun ditutup, para tamu undangan mulai beranjak pulang sedangkan panitia sibuk beberes. Secara pribadi saya seneng bisa terlibat acara seni budaya seperti event ‘Sadinten di Sukabumi‘ ini, mudah-mudahan event seperti ini dapat terus berlangsung dengan harapan bisa melestarikan Kesenian, Kebudayaan dan Kuliner Sunda, lebih spesifiknya event seperti ini diharapkan menjadi wadah yang cukup efektif untuk mempererat tali silaturahmi Keluarga dan Komunitas-komunitas Sukabumi tanpa meninggalkan nilai seni dan budaya Sunda sebagai identitas warga Sukabumi.

*telaaaattt posting:mrgreen:

Komentar»

1. Dedi Suhendra - 8 April 2012

pertamax

2. Dedi Suhendra - 8 April 2012

pertamax gan

3. sonirajatega - 8 April 2012

wow diborong sama kang dedi:mrgreen:
maaf tadi komennya nyangkut…

hatur nuhun tos disumpingan kang


Comment

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: