jump to navigation

Hammersonic Jakarta International Metal Fest 5 Mei 2012

Posted by sonirajatega in Band, Event, Gigs, Indonesia, Metal, Music, Report.
Tags: , , , ,
trackback

Akhirnya hari itu datang juga. . .28 April 2012 menjadi hari sakral bagi para metalhead Indonesia. Bertempat di Lapangan D Senayan, sebuah event metal festival (yang konon) terbesar se-Asia Tenggara digelar. . .and this is it: Hammersonic Jakarta International Metal Festival. hell yeaaah \m/. . .Actualy open gate jam 10 pagi, tapi saya datang telat (pisan…). Jam 4 sore baru sampe Senayan berengkot bareng temen kantor saya Hanung yang lagi merintis karir jadi metalhead.

Hammersonic Jakarta International Metal Fest *photo by @_hanung

Ternyata tidak hanya event Hammersonicfest aja yang berlangsung di Senayan hari itu. . .masih ada 2 event lagi, yaitu Seconhand Serenade Live in Concert dan Inacraft 2012, alhasil pintu masuk Senayan pun jadi macet poll karena dijejali berbagai tipe manusia. . .sampe venue Hammersonic masih dibikin puyeng sama ticket box yang nyumput, hal ini dikarenakan saya belum pegang tiket jadi terpaksa beli tiket on the spot. . .apes moment still continues setelah beberapa hari sebelumnya gagal dapet tiket presale karena udah diclose panitia sebelum jatuh tempo. . .Zzzzzzz

Venue pun berhasil ditembus, dua panggung besar Hammer Stage dan Sonic Stage sudah menyambut. . .tanpa ba bi bu Seringai langsung menghajar di Sonic Stage, band metal dengan sentuhan southern rock dengan pentolan Arian13 ini sukses memanaskan moshpit area yang dijejali metalhead dengan track opening ‘Dilarang di bandung’. Setelah dibakar oleh Seringai, massa bergerak ke Hammer Stage, disana band industrial dari Bandung Koil sudah menunggu. . .Otong Cs hanya menyuguhkan 3 lagu aja, menurut kabar burung, mereka kecewa dengan kualitas sound yang buruk di Hammer Stage. . .Koil turun panggung hari pun mulai gelap, break maghrib dulu brad.

Koil at Hammersonic Jakarta International Metal Fest *photo by @_hanung

Setelah break maghrib venue kembali dipenuhi metalhead. . .kali ini Dreamer, band metal lokal dengan sentuhan gothic menghantam. Sentuhan Rika (ex KDI…) sebagai vokalis menambah kental aura gothicnya, mengingatkan saya pada Nightwish, Within Temptation dan band gothic eropa lainnya. Chthonic band metal asal Taiwan kemudian membakar Hammer Stage. . .sempet underestimated dengan band metal asia pasifik ini, tapi perform apik Chthonic menjawab otak skeptis saya. . .terutama Doris the hotest babe bassist menjadi penawar dahaga ribuan metalhead yang 99,999% didominasi kaum adam. . .buat saya, dominasi inilah salah satu poin negatif dateng ke gigs metal:mrgreen:.

Doris ‘Chthonic’ at Hammersonic *photo from kaskus.us

Massa kembali digiring lagi ke Sonic Stage. . .kali ini giliran band metal lokal gaek SuckerHead membakar stage, salut buat Om Krishna dkk walopun udah gaek tapi tetep gahar. Hampir tanpa jeda, Hammer Stage menyuguhkan D.R.I band trash metal yang cukup senior asal AS menghantam, crowd circle pit pun menggila mengikuti speed blast ala trash metal. . .ngebut abiiisss.

Burgerkill. . .yeaaahh, inilah salah satu perform yang paling saya tunggu digelaran ini. . . The Smokin Metal Engine paling berbahaya asal Bandung bertugas membombardir Sonic Stage, ‘Atur Aku’ dijadikan opening dan wall of death pun sukses membelah crowd moshpit area. . .Gahaaarrr.  Namun gangguan sound yang edan eling sedikit mengganggu, sound yang sering down dan tidak balan menjadikan duet gitar Eben-Agung kurang nendang Harmonisnya. Selesei dibakar Burgerkill, pindah ke Hammer Stage, Psycroptic band death metal asal Australia kembali menghantam telinga metalhead malam itu, tapi kali ini saya tarik nafas dulu rebahan dibelakang. . .energinya udah makin tipis euy, perlu di-recharge.

Burgerkill at Hammersonic *photo from fb: burgerkill official

Ritual recharge selesai. . .Deadsquad band technical death metal siap memanjakan telinga metalhead di Sonic Stage, minus Choki yang berhalangan hadir karena lagi casting untuk sebuah film dan problem sound yang ‘tak kunjung usai’ terus menghantui telinga. . .tapi penampilan Deadsquad malam itu tetap brutaaalll. . .Segan. Nile prepare buat act selanjutnya di Hammer Stage, tapi tampaknya ada sedikit trouble dengan sound (lagi…), sehingga makan waktu banyak buat check sound. . .menurut selentingan kru Nile sampe ‘ngamuk’ ke mixer operator diseberang stage karena problem sound ini. . .hadaaaaahhh! Skip. . .cape bahas sound yang ga jelek sih, tapi kurang bagus aja. Malam itu Nile tetep impresif, terutama penampilan George Kollias sang Drummer yang hantaman double pedalnya serupa suara muntahan amunisi AK-47. . .Horror.

Suffocation jadi pemuncak acara malam itu. . .Pionir brutal death metal asal New York, AS, ini untuk kedua kalinya tampil di Jakarta sejak 2007 silam. mereka menyerang dengan agresif di Sonic Stage tengah malam itu, namun saya liat perform mereka hanya 3 lagu saja dan langsung keluar venue balik kanan pulang, selain karena fisik udah drop juga untuk menghindari crowded puluhan ribu manusia rame-rame keluar Senayan. . .pasti muaceeettt poll lagi.

Suffocation at Hammersonic *photo from dapurletter.com

Masih banyak band keren perform dari pagi sampe sore yang tidak dapat sempat saya liat penampilannya, seperti Straightout, Dead Vertical, Massacre Conspiracy (Malaysia), Down For Life, Noxa, Impiety (Singapura), Death Vomit, and many more.

Mudah-mudahan kasus sound edan eling jadi concern panitia dikemudian hari. . .untuk kebaikan sebuah metal fest internasional, karena event seperti ini membawa nama baik Indonesia dimata internasional, terutama dalam scene metal. Diluar konteks sound, overall saya cukup puas cukup dengan nebus tiket 200ribu rupiah kita bisa liat perform band yang sangar-sangar dan jadi juga saksi sejarah sebuah metal festival internasional Hammersonic. . .all hail metal \m/

*sumpah Doris ‘Chthonic’ the hotest babe at Hammersonic:mrgreen:

Komentar»

1. Barisan Aksara - 7 Mei 2012

sayang sekali. dikarenakan sibuk dan teu boga duit, jadi saya ga dateng😀

sonirajatega - 7 Mei 2012

saya juga maksain ngajual beas demi Hammersonic:mrgreen:
haturnuhun tos disumpingan…salam kenal kang

Barisan Aksara - 7 Mei 2012

curiga bandar beas ieu mah euy, hahahaha.
sami-sami kang, salam pangwanoh🙂

2. Jual Mesin IDwebmesin.com - 31 Mei 2012

sepertinya sangat menarik… andai ikut…🙂

sonirajatega - 31 Mei 2012

seru abis mas…ga nyesel deh \m/😀


Comment

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: