jump to navigation

Bandung Berisik VI MMXII: Mud Parteeeeeee… 31 Mei 2012

Posted by sonirajatega in Band, Event, Gigs, Metal, Music, Report.
Tags:
trackback

Kali ini saya berkesempatan dateng ke sebuah perhelatan musik cadas yang sudah menjadi legenda tidak hanya di Bandung saja, tapi Indonesia, atau bahkan sudah jadi legenda di scene Internasional terutama untuk scene underground Asia . . . Bandung Berisik VI MMXII. Sebuah music festival yang digagas oleh Ujungberung Rebels sebuah komunitas metal yang cukup tua di Kota Kembang dengan menggandeng Atap Promotions sebagai Event Organizer.

*gate Bandung Berisik 2012 – photo by @kallssu

Terhitung event Bandung Berisik ini sudah kali ke enam sejak pertama kali dihelat pada tahun 1995. Ada sebuah perbedaan yg cukup signifikan pada Bandung Berisik 2012 ini, dengan mengambil tema Maximum Aggression diisi oleh sekitar 60 Band penampil yang berasal dari berbagai kota di Indonesia, hari pelaksanaannya pun dijadikan 2 hari, yaitu Jum’at & Sabtu 18 – 19 Mei 2012 dengan 3 panggung besar . . . Apocalypse, Inferno dan Holocaust Stage.

Saya hanya sempat menyaksikan bandung Berisik pada hari ke-2 saja, karena hari Jum’at masih nyangkul di Ibu Kota . . . hadaaaaah, padahal pengen nonton 2hari. Berangkat dari Jakarta menuju Bandung hari Jum’at malam, lalu nginep dikostan Fikal (@kallssu) seorang temen yang masih tercecer di Cimahi . . . Sabtu sekitar pukul 1 siang baru merapat ke Landasan Udara Sulaiman di daerah Kopo yang menjadi tempat eksekusi Bandung Berisik.

Tiket ditebus cukup dengan Rp. 50 ribu, dapet gelang + sebungkus Djarum Super, setelah tiket ditangan langsung masuk ke dalam venue dengan melewati tiga lapis security check up, gate Bandung Berisik pun menyambut . . . lebih ke dalam lagi ada Welcome Stage Djarum Super dan Exhibition Merchandise Area, lanjut stand-stand Clothing sejajar dengan Foodcourt Area . . . buat yang mau mengabadikan moment Bandung Berisik ini panitia menyediakan Wall of Fame buat futu-futu narsis😎, juga ada Re-charge Area buat isi ulang batere gadget penonton . . . selain itu panitia juga menyiapkan camping ground buat penonton mau nginep, tentunya dengan syarat harus pegang tiket terusan untuk dua hari.

*stage Bandung Berisik 2012 – photo by @kallssu

Hal yang menarik perhatian saya ketika merapat ke stage area adalah: Lumpur . . . Ya, kubangan lumpur menggenang di moshpit area depan panggung, sepertinya hal ini disebabkan malam sebelumnya daerah Lanud Sulaiman ini diguyur hujan, sehingga moshpit area jadi semacam lantai dansa pesta lumpur . . . mengingatkan saya akan Woodstock ’94 (macam betul aja pernah nonton Woodstock…).

Tapi lumpur tidak menyurutkan semangat para headbangers untuk berformasi circle pit atau wall of death, malah yang ada segala macam aktifitas di-moshpit area tambah panas karena lumpur seakan jadi doping dilantai dansa buat para headbangers. . . makin becek makin brutal brader:mrgreen:.

Band yang perform pada hari ke-2 ada sekitar 37 band . . . beberapa band diantaranya sudah tidak asing lagi ditelinga seperti Koil, EyeFeelSix, Disinfected, Outright, CloseHead, Turtles Jr, Down For Life, Beside, Karinding Attack, Mesin tempur, Dreamer, Noxa, Forgotten, Under 18, Dead Vomit, Dajjal, Alone At Last, Dead Vertical dan Pas Band . . . Sedangkan band seperti The SIGIT,  Siksa Kubur, Thinking Straight, Paper Gangster, Nemesis, Rosemary, Undergod, Don Lego, Rajasinga, Besok Bubar, DeadSquad, Burgerkill, Jasad and many more tampil di hari pertama.

*crowd Bandung Berisik 2012 – photo by @kallssu

Ada dua moment penting yang terjadi pada hari hari ke-2 . . . yang pertama, Bandung Berisik kali ini dijadikan farewell perform Beside dengan  Owank (Vokal), Hinhin ‘Akew’ (Gitar), dan Paneu (Bass), mereka memutuskan resign dari Beside karena ada konflik intern dalam tubuh Beside, tapi bukan berarti Beside bubar, Beside tetap eksis. Cukup disayangkan juga karena Beside sudah cukup solid dengan formasi tersebut. Poin penting kedua adalah penampilan band pemuncak acara Pas Band yang reuni dengan Richard Mutter drummer pertamanya. Richard Mutter tetep gahar membawakan beberapa track lawas milik Pas Band.

Overall Bandung Berisik VI ini berjalan cukup sukses, walaupun dari sudut pandang subjektif saya sepertinya masih lebih megah Bandung Berisik V 2011 di Lapangan Brigif Cimahi. Hal ini mungkin disebabkan terlalu luasnya Lanud Sulaiman, sehingga konsentrasi massa jadi terpecah yang menjadikan kumpulan manusia keliatan tidak terlalu crowded . . . juga masalah lumpur yang bagai dua mata pisau, disatu sisi lumpur bisa menjadikan moshpit area terlihat lebih cadas . . . sedangkan disisi lain terutama buat pononton yang ga terlalu militan seperti saya cukup repot juga dengan kubangan lumpur ini, nonton gigs cadas kok manja ya . . . geus ah, see yaaa at Bandung Berisik VII 2013 \m/.

*specials thx to @kallssu buat photo-photonya & vavaw ‘belooo’ dah nemenin beresin tulisann ini:mrgreen:

Komentar»

1. Anonim - 29 Desember 2012

kapan untuk acara di 2013 ini gan ? thx

sonirajatega - 16 Februari 2013

biasanya pertengahan tahun gan…
ditunggu aja😀


Comment

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: